banner
Article

Targetkan 1,8 Juta Wisatawan, Daya Tarik Ini yang Purbalingga Tawarkan

Geser bawah
Avatar
Sadewo Tri Lastiono
Saya adalah Wakil Bupati Banyumas
  • Negara:
    Indonesia
  • Provinsi:
    Jawa Tengah
  • Kota/Kabupaten:
    Banyumas

14 April 2022

03:47 sore

PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga menargetkan kunjungan wisata sebanyak 1.850.000 orang datang ke Purbalingga, selama 2022 ini. Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga Gunanto Eko Saputro, Senin (11/4).

Sejumlah momen liburan pada tahun ini, menjadi pendulang kunjungan wisatawan ke Purbalingga pada tahun ini. Diantaranya adalah libur hari raya Idul Fitri 1443 H atau lebaran.

Alumni SMAN 1 Purbalingga ini, optimis libur lebaran akan menggenjot kunjungan wisata. “Kami sudah mulai berkunjung ke obyek-obyek wisata untuk melakukan pemantauan kesiapan mereka menghadapi lebaran,” katanya

Dia menambahkan, saat ini obyek wisata memang dalam periode pemeliharaan juga penambahan wahana-wahana baru. “Kami gembira inovasi terus dilakukan oleh para pengelola obyek wisata, semoga tahun 2022 ini akan menjadi kebangkitan wisata Purbalingga,” ujarnya.

Diketahui, sejumlah obyek wisata di Purbalingga memanfaatkan bulan Ramadan untuk bersolek menyambut libur lebaran. Selain pemeliharaan, wahana baru juga disiapkan untuk menyambut wisatawan.

Salah satunya, dilakukan oleh Perumda Owabong selaku pengelola daya tarik wisata. “Untuk menyambut libur lebaran kami akan meluncurkan banyak wahana baru,” ujar Plt Direktur Perumda Owabong Eko Susilo, Senin (11/4).

Dijelaskan, wahana baru itu adalah Gombang Leleson (Goles) yang terdiri dari kolam anak, kolam kura-kura, kolam keceh. “Kami punya Jumping Slide atau Slip and Fly, wahana atraksi air yang seru dan ini baru pertama kali ada di Jawa Tengah,” jelasnya. Eko menargetkan, Owabong Grup yang mengelola 5 daya tarik wisata, selama periode libur lebaran kunjungan wisatawan sebesar 122 ribu orang. “Kami optimis tercapai dengan inovasi yang kami luncurkan dan suasana pandemi Covid-19 yang mulai melandai,” katanya.

Optimisme senada disampaikan oleh pengelola Situ Tirtamarta, Desa Wisata Karangcegak. Mereka mentargetkan dalam perode libur lebaran kunjungan wisata sebanyak 18 ribu orang. Angka itu naik hampir tiga kali lipat kunjungan bulanan yang sekitar 6-8 ribu orang. “Kami sudah memiliki wahana baru, ada kolam baru dan juga area kuliner yang terpusat. Semoga tercapai target kami,” ujar Kurniawan, pengelola objek wisata itu Tirtamarta, Desa Wisata Karangcegak. (tya)

Copyright 2022 © Sadewo Tri Lastiono